Wednesday, January 24, 2007

Ngobrol Bareng Pongky Jikustik


Menyenangkan banget bisa ngobrol gila2an ama Pongky vokalis Jikustik.
Orangnya lucu, smart dan "cacat". Durasi 45 menitan jadi kerasa cepet karena
obrolannya berjalan lancar car caaaaarrrrrrr.....
Tony (T) : Apa pertanyaan paling lu benci buat dijawab yang sering dateng dari pers?
Pongky (P) :
1. Jangan tanya kenapa namanya Jikustik.
2. Jangan tanya umur gw berapa.
3. Apakah kesibukan masing2 personil bisa menyebabkan perpecahan?
T : Lagu terbaru "Puisi" katanya diciptain secara spontanitas ya?
P : Ya, sama Dadi. Jadi si Dadi itu adalah the last person on earth yg kita harapkan buat bikin lagu. Dia bukan songwriter dan sebenernya lebih ke produser buat Jikustik. Jadi waktu tiba2 dia bawa lagu itu, kita terkaget2 karena pas kita dengerin... kita suka! Dan kita bisa langsung menilai kalo lagu ini cocok dijadiin single. Dan itu agak diluar kebiasaan, karena biasanya yang buat lagu itu gw dan Icha. Pokoknya kasus ini agak berbeda.
Si Dadi ini waktu pengerjaan album ini sekitar 75% awal emang gak mood ngikut. Awalnya dia gak mood. Tapi gw rasa wajar setiap orang dalam tahap seperti itu karena mungkin gw juga mengalami hal yg sama di satu waktu.
T : Salah satu kehebatan Jikustik adalah aransemennya bagus banget dan liriknya juga bisa bikin orang kalo ngedengerin kupingnya berdarah2.
P : Itu mungkin yg dengerin lagi sakit mas!
T : Gimana tanggepan lu kalo ada suara yg bilang, ah Jikustik mah musik banci!
P : Eh booooo banci juga daya belinya tinggi boooooo....
Tapi itu pernah terjadi lho, dimana kita manggung dan ternyata acaranya khusus buat kalangan gay. Jadi selama kita manggung, semua cowok2 menatap kita dengan penuh harap.
T : Selebriti cewek indonesia yang gampang bikin lu turn on siapa?
P : Larasati & Dessy Ratnasari.
T : Adanya internet & MP3 bajakan. Lu bete gak?
P : Nggak tuh. Karena gw termasuk tipe yang kalo gak bisa didapetin di CD ya carinya di internet. Kebetulan gw dan bini kolektor cd indonesia di rumah.
T : Kok banyak lagu2 lu yang mirip ama lagu love song bule sih?
P : Progresi chord seperti itu lumrah. Lagu "Setia" spiritnya gw ambil dari "Right Here Waiting"-nya Richard Marx. Sama kayak Richard Marx yang menulis lagu "Now And Forever" terinspirasi dari "Cant Help Falling In Love". Bahkan Beatlespun terinspirasi juga ama Chuck Berry. Jadi wajar aja-lah!
T : Hal tergila apa yang pernah kamu lakukan dalam karier bermusik lu?
P : Waktu rekaman album kedua, kita tuh bosen dengan sesuatu yang itu2 aja. Makanya kita berusaha berbuat sesuatu yg gila. Waktu itu gw rekaman lagu "Relakan Aku".Dilagu itu gw nyanyi telanjang bulat! Karena emang kiat semua lagi jenuh aja dengan suasananya.
Malah kita pernah dikirimin "pubic" (oooops!).
T : Apa yg memprihatinkan buat musik Indonesia?
P : Penonton yang tidak mau menghargai dengan gak beli tiket. Sampe jebolin gedung pertunjukan. Karena daya beli yang rendah gw pikir. Kita pernah konser di Makasar, ada yang mati satu orang. Ini banyak infotainment yg belom tau. Tapi matinya bukan gara2 kegencet ato desak2an tapi yg mati itu preman yg berantem didalem.
Di mall di Semarang juga pernah. Kaco apalagi si Eros Sheila On Seven dateng nonton kita.
Itulah seorang Pongky.
Sebenernya masih banyak obrolan lain dari dia tapi gw males ngetik aja.
Hehehehe....