Sunday, February 17, 2008

PRECASTER INDONESIAN IDOL 2008



Emang susah buat mencari seorang bintang, terutama dalam bintang tarik suara yang membutuhkan vokal bagus, performance oke sekaligus punya jiwa "bintang". Itu udah terbukti dari waktu gw dimintain bantuan buat jadi salah satu precaster Indonesian Idol 2008. Temen2 dari radio ikutan ngebantu untuk menyaring si calon bintang. Bayangin, hari pertama aja ada 2500 peserta, sementara hari terakhir sekitar 1500-an. Tugas precaster disini menyaring mana aja yang layak buat masuk tipi. Selaen itu kita juga memilih yang mana yang gokil buat babak lucu2an di layar tipi.

Sistemnya gini : ada sekitar 20 precaster. Trus disediain 10 bilik yang masing2 diisi 2 precaster.
Setiap tahap 10 peserta bergiliran masuk. Bayangin! Dengan jumlah ribuan orang, otomatis para precaster menilai dengan cepat, tepat dan KESEL! Gimana gak kesel coba? Buanyaaak banget peserta yang cuman sekedar ikut2an tanpa mikirin kualitas vokal dan penampilan. Ada yang nyanyinya kayak tikus kejepit pintu dan gak dikit juga yang punya gaya nyanyi seperti orang yang udah mendekati sakratul maut. Karena itulah gak heran semua precaster berhak ngasi penialain yang cepat SECEPAT-CEPATNYA. Kan ketahuan tuh baru masuk vokal udah jelek, langsung kita cut dengan ngucapin : MAKASIH YAAAA!

Semakin siang, makin ngantuklah kita. Disuruh nyanyi langsung reff eeeeeh, mereka malah gak ngerti reffrain itu apa dengan nyanyi di bait pertama. Ironis ya? Sebelum mereka masuk ke ruang audisi, para peserta diwajibkan buat ngisi story form yang isinya beberapa pertanyaan, seperti :
  • Kejadian paling tak terlupakan yang pernah dialami.
  • Kejadian paling mengharukan / menyedihkan yang dialami.
  • 3 alesan kenapa ikutan Indonesian Idol.
  • Siapa idolamu & kenapa.
Kalo gw udah bosen dengerin suara peserta yang asal ikut2an aja, gw spending time ngelewatin dengan baca cerita2 seru, lucu, mengharukan dari para peserta. Seperti ini
"Kejadian paling mengharukan / menyedihkan yang dialami" :
  • Ibuku rela menggadaikan cincin demi audisi ini (untung bukan menggadaikan diri ya booo!).
  • Orang tuaku ngejual barang2 berharga dirumah demi sekolahku (untung bukan demi judi ato narkoba ya booo!).
  • Ibuku penjual kopi di terminal (untung bukan penjual ganja ya booo!).
Semua peserta emang berasal dari berbagai kalangan. Malah ada yang tukang pijet juga ikutan. Kelar nyanyi dia bilang gini : "mas, saya tukang pijet, kalo butuh pijet bisa hubungi saya!". Halaaah sempet2nya jualan ya pak! Ada juga peserta yang bawa gitar, padahal tanpa gitarpun suaranya gak merdu2 banget. Udah pake gitar malah minta kursi pula buat duduk. Cape deee!
Kalian kebayang gak, betapa neg-nya para precaster ngedengerin lagu audisi yang itu2 aja? Oh gosh.... dari ribuan peserta lagunya ituuu ituuuu aja. Mo tau top request lagu yang mereka nyanyiin? Sampe2 kita yang gak apal (ato gak emang gak peduli) dengan lagu itu jadi hapal dooong ama liriknya! Hahahaha... Neh top song waktu audisi kemaren :
Ayat Ayat Cinta-nya Rossa, Semua lagu Kerispatih sampe Ungu. Ampyyyuuuunnnn!!!!

Ada salah satu peserta yg begging gini :
"Lolosin audisi ya mas, soalnya aku pengen ketemu Jamie Aditya". DIEEEEENNNNGGG!!!

Neh salah satu adegan yg gak bisa gw lupain diruang audisi :
PRECASTER (PR) : Oke kamu mau nyanyi lagu apa?
PESERTA (PS) : Lagunya Reza mas.
PR : Reza Artamevia yang judulnya apa?
PS : Bulan.
PR : Bulan? Emang ada lagunya Reza yg judulnya Bulan? Ya udah nyanyi....
PS : (sambil nyanyi lagu judulnya "Dia")

OH BULAN TOLONGLAH DAKU

KATAKAN PADANYA

KUCINTAAAA DIAAAAA....

KROMPYAAAAAAAAAAANNNG!!!!!

Udah aaaaaaah capek.....
Akhirnya gw bisa ngambil sebuah kesimpulan, kalo cuman buat coba2 sih jangan harap bisa jadi sebuah bintang. Banyak banget peserta yang terjual mimpi. Padahal untuk meraih semua itu, mereka harus mengalami proses jatuh bangun, proses belajar dan proses kehidupan keras yang masih panjaaaaaaaaaaaang!