Wednesday, April 04, 2007

INDONESIA's 1st BLIND DJ!!!

Disebuah situs dugem milik negara kita, gw ngebaca artikel tentang DJ tunanetra cewek pertama di Indonesia. Jujur gw terkesima... GILING! Orang "ajaib" ini punya dua selling point. Yang pertama dia cewek dan yang kedua dia tuna netra! Sebenernya masih ada selling point ketiga, tapi kayaknya ga penting deh karena dia adeknya bintang film jadul Sally Marcellina hahahahaha....
Setelah ngebaca artikel itu gw YM-an ama DJ Akhda salah satu pegurus situs itu. DJ Akhda ini (kayaknya bukan merupakan selling point penting juga deh. Hehehehe sorry Akhda!) merupakan salah satu yang sibuk ngurusin situs itu. Isi sms-nya gini :

"Man gw minta CP DJ tuna netra itu dong"

SMS masuuuuuk.... SMS diterimaaaaaa....

"Tanya aja ama Adis reporter gw, nomernya endebre endebreee endebreeee...."

Akhirnya gw berhasil ngobrol on air di acara radio gw bareng The 1st Indonesian Blind DJ. Jeng Carolina Mamuaya.....

Tony (T) : Halo Carol, apa kabar? Gimana ceritanya lu bisa tertarik jadi DJ?

Carol (C) : Awalnya gw aktif jadi penyanyi gereja. Tapi karena di Amerika ada Deejay tuna netra, seorang temen gw nawarin gimana kalo gw jadi DJ?

T : Lho seorang DJ kalo mo ngemix lagu kan harus ngeliat level suara di mixer? Gimana cara lu bisa ngira2 kalo lagu yg mo elo mixing suaranya bisa setara?

C : Pake feeling aja sih! Kalo emang gw ga bisa ngeliat level di mixer, lewat headphone kan juga bisa?

T : Trus lu maen pake apa? CD apa plat?

C : Pake CD. Tapi gw belajar DJ pake turntable juga.

T : Nah kalo pake CD, gimana lu bisa milih track berapa dari tiap CD yg mo elo mixing?

C : Nah disetiap CD itu judul lagunya gw pake huruf braille. Gitu aja kok repot?

T : Lagu apa sih yang jadi anthem lu tiap spinnin? Ato mungkin lu punya DJ favorit?

C : Waduh gw ga tau & ga apal ama judul lagu ato remixernya siapa. Tapi tiap lagu selalu gw pelajari. Kebetulan gw suka musik progressive, jadi kalo mo mixing gw pake feeling aja. Misalnya kalo lagu itu dah mulai floating, gw siap2 buat mixing. DJ favorit gw kalo lokal DJ Riri sedangkan internasional si Marc Van Linden.

T : Agak gak nyambung yaaaaa, DJ Riri ama Marc Van Linden yang trancy. Kenapa gak Ardi Pite ajaaa?

C : Hahahahahahahha......

T : Trus kalo lu mo manggung, apa lu pake fashion consultant buat urusan kostum?

C : Gw juga sering sharing ama kakak gw (Sally Marcellina) soal kostum gw. Jadi semua itu gak masalah.

Jujur..... gw seneng banget dengan interview ini. Seorang Carol bisa meraih predikat The 1st Indonesian's Female Blind DJ! Sebuah kekurangan bisa dirubah jadi sebuah kelebihan. Hmmmm.... gw jadi keinget dengan film It's All Gone Pete Tong. Dimana seorang DJ kelas dunia yang terpaksa harus ngedrop prestasi & kehidupannya gara2 TULI!

Jadi kesimpulannya, jangan jadikan sebuah kekurangan dalam tubuh kamu ber-metamoforsa menjadi sebuah kelemahan! Kondisi boleh disable, tapi otak tetep avialable dong ahhhhhhh! Hidup Caroooooooool! Gw mengharapkan masih ada Carol - Carol yang laen yang gak gampang patah semangat cuman gara2 kondisi yang emang diciptain Tuhan dari sononya!