Sunday, July 01, 2007

YOUNG BROADCASTAR UBAYA 2007



Profesi penyiar radio emang banyak diimpikan ama sebagian besar kalangan muda. Gak tau apa penyebabnya? Mungkin karena mereka bangga kalo suaranya bisa on air diradio, ato mereka lebih ngerasa profesi ini menantang. Sedangkan gw pribadi menganggap kalo seorang broadcaster atawa announcer, adalah sebuah profesi dengan batu loncatan yang efektif. Mau kemana aja bisa. Jadi MC, presenter TV, dubber iklan, advertising, PR, endebre endefrei endezeii....Dari momentum itulah no wonder kalo Universitas Surabaya (UBAYA) ngegelar lagi ajang kompetisi penyiar radio buat yang kedua kalinya baru baru ini. Dan (buat kedua kalinya pula) gw didaulat buat jadi salah satu dewan juri di Young Broadcastar 2007 akhir Mey kemaren. Panitiapun katanya sampe nolak-nolak jumlah peserta yang membludak. Wuaaaah, betapa gak nyangkanya gw ngelihat antusiasme para peserta didunia kepenyiaran radio. Hari pertama diselenggarakan workshop, dan hari kedua, ketiga, keempat adalah waktu lomba. Dari anak SMA sampe kuliah berlomba2 menunjukkan kualitasnya. Malah ada peserta pelajar SMA yang dateng dari kediri (naek motor pula!).
Overall ngelihat semangat mereka gw begitu takjub. Padahal kalo dipikir, gak segampang itu jadi penyiar radio. Semua orang bisa ngomong, tapi ngomong yang gimana dulu yang bisa enak kedengeran di kuping. Gw selalu menitik beratkan kemampuan penyiar itu pada intonasi dan artikulasi. Kebanyakan mereka salah mengira dengan menganggap :
"siaran yang baik adalah siaran yang semangat berapi-api".
Padahal kan belom tentu? Karena seorang announcer juga harus bisa mengendalikan emosi. Tau kapan saatnya harus semangat & kapan saatnya harus berbicara pelan. Karena capek gak sih, kalo dari awal sampe akhir intonasinya berapi2 kayak gitu?
Satu hal yang bikin gw gak nyangka, ada juga anak SMA kelas 2 yang udah jelas artikulasinya dan not bad intonasinya. Tinggal dipoles aja.
Buat para pemenang, selamat yaaaaaa! Kalo emang bener2 pengen jadi penyiar radio jalan kalian masih panjang. Kita belom ngomongin soal "air personality" lho ya? Dimana hal itu baru bisa didpaetin seorang broadcaster selama bertahun-tahun. Dan kita juga belom ngomongin soal, cut to cut, ngomong diatas intro, pengenalan lagu, how to comunicate with audience, blablabla.
NAAAAAH SIAPA BILANG JADI PENYIAR GAMPANG ????