Saturday, March 12, 2005

DENGERIN MUSIK DARI APANYA???

Apa sih yang gw dengerin dari sebuah "lagu"...? Kalo dalam dunia industri musik pop, maka yang paling mudah gw perhatiin adalah "song"yang menjadi menu utama lagu itu.. alias "song" yang menjadi "lirik"lagu. Lagu yang lebih mentingin "song" emang cepet ngetop, kayak westlife... namanya juga pop! That's why i hate POPISH!!!
Tapi, ibarat makanan, itu kurang gizi. Yach... macem makanan McD. Oleh karena itu lantas ditambahi sama harmoni penyedap, biar keliatan ada gizinya. Yach, paling enggak biar lagunya lebih enak dan sesuai dengan tujuan lagu itu. Misal, ditambahi beat biar bisa dibuat goyang kepala. Atau kuncinya divariasi sedikit biar manis.
Tapi... sayang buat gw itu juga belum cukup. Lagu enak dan hamoni enak emang enak, tapi cepet mbosenin. Itu kenapa ada chart mingguan..supaya orang nggak bosen. Malah di MTV adalah TRL... dimana lagu dibuat chart daily... hahahaha.. hidup tambah menuntut kecepatanya...? termasuk kreativitas.
Gw lebih concern sama "sound" ketimbang sama "song" dan "harmony". Dengan "sound" yang kuat dan apik, biarpun "song"-nya sederhana, maka lagu jadi penuh gizi. Apalagi kalau "song"nya sekel, "harmony"nya montok ditambah "sound"nya yahud... wah.. tuh lagu bener-bener anjrit.
Urusan "sound" kebanyakan ada ditangan produser dan pekerja yang berjam-jam ngabisin waktunya di depan meja mixing di studio. Di jaman sekarang ini, urusan "sound" jadi lahan kreativitas dj-dj. Jadi, si DJ bukan cuman ngemix satu lagu dengan sampler-sampler tapi mbangun"sound" yang yahud.